Definisi Kurikulum Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendahuluan

Halo Sobat Rspatriaikkt, selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang definisi kurikulum menurut para ahli. Kurikulum merupakan salah satu elemen penting dalam dunia pendidikan. Para ahli pendidikan telah memberikan berbagai pengertian tentang kurikulum yang dapat membantu kita untuk memahami pentingnya kurikulum dan penerapannya dalam dunia pendidikan.

Sebelum kita membahas definisi kurikulum menurut para ahli, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kurikulum. Kurikulum dapat didefinisikan sebagai rencana atau program pembelajaran yang mencakup tujuan, materi, metode, dan evaluasi pembelajaran yang disusun oleh lembaga pendidikan. Kurikulum mempengaruhi proses pembelajaran dan pengajaran di sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Ada berbagai pendapat dari para ahli tentang definisi kurikulum. Berikut adalah beberapa definisi kurikulum menurut para ahli:

Definisi Kurikulum Menurut Para Ahli

Nama Ahli Definisi Kurikulum
1. John Dewey Kurikulum merupakan aktivitas intelektual yang terdiri dari pengorganisasian materi pendidikan dan pengaturan lingkungan belajar agar siswa dapat belajar dengan efektif.
2. William Kilpatrick Kurikulum adalah suatu rencana yang menggambarkan proses pembelajaran yang diatur oleh guru untuk membantu siswa mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.
3. Ralph Tyler Kurikulum adalah suatu rencana utuh yang mencakup tujuan, isi, pengalaman belajar, dan evaluasi untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
4. Hilda Taba Kurikulum merupakan suatu rencana belajar yang mencakup tujuan, isi, bahan ajar, dan metode pembelajaran yang dirancang untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
5. Joseph Schwab Kurikulum adalah semua pengalaman yang direncanakan dan disusun oleh sekolah untuk memastikan tercapainya tujuan pendidikan.

Berdasarkan definisi-definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa kurikulum merupakan rencana atau program pembelajaran yang mencakup tujuan, isi materi, metode pembelajaran, dan evaluasi yang disusun oleh lembaga pendidikan. Kurikulum memiliki peran penting dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan dan mempengaruhi proses pembelajaran di sekolah.

Kelebihan dan Kekurangan Definisi Kurikulum Menurut Para Ahli

Setiap definisi memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan definisi kurikulum menurut para ahli:

1. Kelebihan:

a. Definisi kurikulum oleh John Dewey menekankan pentingnya aktivitas intelektual dalam proses pembelajaran.

b. Definisi kurikulum oleh William Kilpatrick menekankan peran guru dalam mengatur proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.

c. Definisi kurikulum oleh Ralph Tyler mencakup semua aspek kurikulum yang diperlukan untuk mencapai tujuan pendidikan.

d. Definisi kurikulum oleh Hilda Taba menekankan pentingnya perencanaan pembelajaran yang mencakup semua aspek kurikulum.

e. Definisi kurikulum oleh Joseph Schwab menekankan pentingnya pengalaman yang direncanakan untuk mencapai tujuan pendidikan.

2. Kekurangan:

a. Definisi kurikulum oleh para ahli belum mencakup aspek sosial dan budaya dalam pembelajaran.

b. Definisi kurikulum oleh para ahli cenderung fokus pada peran guru dalam proses pembelajaran.

c. Definisi kurikulum oleh para ahli belum memberikan jaminan hasil pembelajaran yang lebih efektif.

Walaupun memiliki kelebihan dan kekurangan, definisi-definisi tersebut memberikan kita pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya kurikulum dalam dunia pendidikan dan bagaimana kurikulum dapat mempengaruhi proses belajar mengajar di sekolah.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa yang dimaksud dengan kurikulum?

Kurikulum merupakan rencana atau program pembelajaran yang mencakup tujuan, isi materi, metode pembelajaran, dan evaluasi yang disusun oleh lembaga pendidikan.

2. Mengapa kurikulum penting dalam dunia pendidikan?

Kurikulum penting dalam dunia pendidikan karena mempengaruhi proses pembelajaran di sekolah dan membantu mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.

3. Bagaimana definisi kurikulum menurut John Dewey?

Menurut John Dewey, kurikulum merupakan aktivitas intelektual yang terdiri dari pengorganisasian materi pendidikan dan pengaturan lingkungan belajar agar siswa dapat belajar dengan efektif.

4. Apa yang dimaksud dengan definisi kurikulum menurut Ralph Tyler?

Menurut Ralph Tyler, kurikulum adalah suatu rencana utuh yang mencakup tujuan, isi, pengalaman belajar, dan evaluasi untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

5. Bagaimana definisi kurikulum menurut Hilda Taba?

Menurut Hilda Taba, kurikulum merupakan suatu rencana belajar yang mencakup tujuan, isi, bahan ajar, dan metode pembelajaran yang dirancang untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

6. Apa yang dimaksud dengan definisi kurikulum menurut Joseph Schwab?

Menurut Joseph Schwab, kurikulum adalah semua pengalaman yang direncanakan dan disusun oleh sekolah untuk memastikan tercapainya tujuan pendidikan.

7. Apa kelebihan definisi kurikulum menurut para ahli?

Kelebihan definisi-definisi kurikulum menurut para ahli antara lain menekankan pentingnya aktivitas intelektual, perencanaan pembelajaran, dan pengalaman belajar yang direncanakan dalam mencapai tujuan pendidikan.

8. Apa kekurangan definisi kurikulum menurut para ahli?

Kekurangan definisi-definisi kurikulum menurut para ahli antara lain belum mencakup aspek sosial dan budaya dalam pembelajaran serta belum memberikan jaminan hasil pembelajaran yang lebih efektif.

9. Bagaimana peran guru dalam kurikulum?

Guru memiliki peran penting dalam kurikulum sebagai pengatur proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.

10. Apa yang harus dipertimbangkan dalam merancang kurikulum?

Dalam merancang kurikulum, harus dipertimbangkan tujuan pendidikan, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

11. Apakah kurikulum dapat berubah?

Ya, kurikulum dapat berubah untuk mengikuti perkembangan dan perubahan kebutuhan pendidikan dan masyarakat.

12. Apa dampak dari kurikulum yang efektif?

Kurikulum yang efektif dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih baik dan siswa yang lebih kompeten dalam mencapai tujuan pendidikan.

13. Bagaimana cara mengukur keberhasilan kurikulum?

Keberhasilan kurikulum dapat diukur melalui evaluasi pembelajaran dan capaian siswa terhadap tujuan pendidikan yang telah ditentukan.

Kesimpulan

Setelah mempelajari definisi kurikulum menurut para ahli, dapat disimpulkan bahwa kurikulum merupakan rencana atau program pembelajaran yang mencakup tujuan, isi materi, metode pembelajaran, dan evaluasi yang disusun oleh lembaga pendidikan. Para ahli memberikan berbagai pendapat tentang definisi kurikulum, namun definisi-definisi tersebut memiliki peran penting dalam dunia pendidikan.

Kurikulum memiliki kelebihan dan kekurangan, namun tetap menjadi elemen penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum mempengaruhi proses pembelajaran di sekolah dan dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih efektif jika dirancang dengan baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan pendidikan.

Untuk memastikan keberhasilan kurikulum, perlu dilakukan evaluasi pembelajaran dan pemantauan terhadap capaian siswa. Dengan memahami pentingnya kurikulum dan penerapannya, kita dapat mengoptimalkan proses pembelajaran di sekolah dan menciptakan generasi yang berkualitas.

Kata Penutup

Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang definisi kurikulum menurut para ahli. Penerapan kurikulum yang baik dan efektif sangat penting dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, marilah kita terus mengembangkan dan meningkatkan kurikulum agar dapat mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. Terima kasih telah membaca artikel ini!