Pengertian Sopan Santun Menurut Ahli

Salam kepada Sobat Rspatriaikkt

Halo Sobat Rspatriaikkt! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian sopan santun menurut ahli. Sopan santun merupakan nilai-nilai yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaannya sangat penting untuk menjaga harmoni dan menjalin hubungan yang baik antara individu dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara detail pengertian dan konsep sopan santun menurut ahli. Mari kita mulai!

Pendahuluan

Sopan santun adalah suatu sikap atau perilaku yang mencerminkan adanya rasa hormat, kesopanan, dan kesantunan terhadap orang lain. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sopan santun diartikan sebagai sikap yang baik dan patut dalam tingkah laku serta percakapan sehari-hari. Dalam masyarakat Indonesia, sopan santun sangat ditekankan sebagai salah satu nilai budaya yang harus dijunjung tinggi.

Sopan santun juga dapat diartikan sebagai kumpulan norma dan aturan yang mengatur cara berperilaku dalam berbagai situasi sosial. Dalam penjelasan ahli, sopan santun memiliki beberapa komponen utama, yakni perilaku yang sopan, tata krama yang baik, serta bahasa dan ucapan yang santun. Sopan santun juga mencakup etika dalam berpakaian, makan, minum, dan interaksi sosial lainnya.

Melalui penerapan sopan santun yang baik, seseorang dapat membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain. Sopan santun juga dapat membantu menghindari konflik dan meningkatkan citra diri seseorang di mata orang lain. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk mengerti dan menerapkan sopan santun dalam kehidupan sehari-hari.

Agar dapat lebih memahami pengertian sopan santun menurut ahli, berikut ini akan dijelaskan beberapa pendapat dan definisi dari beberapa ahli tentang sopan santun:

Nama Ahli Pengertian
Dr. Soetandyo Wignjosoebroto Sopan santun adalah perilaku dan tata krama yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain.
Prof. Dr. Koento Wibisono Sopan santun merupakan sikap yang positif dan harmonis dalam berhubungan dengan orang lain.
Dr. Nurcholish Madjid Sopan santun adalah ungkapan dari rasa hormat dan saling menghargai antara individu dalam masyarakat.
Prof. Dr. Kaelan, M.A. Sopan santun berarti bertindak sesuai dengan tata nilai yang ada dalam suatu masyarakat.