Pengertian Input Data Menurut Para Ahli

Pengertian Input Data Menurut Para Ahli

Pendahuluan

Input data merupakan elemen krusial dalam dunia teknologi informasi dan komputasi. Para ahli memiliki pandangan yang beragam mengenai pengertian input data, dan pemahaman mendalam terhadap konsep ini menjadi landasan penting dalam pengembangan sistem informasi yang efektif.

Pengertian Input Data Menurut Para Ahli

1. Donald A. Norman

Menurut Norman, input data adalah setiap informasi yang dimasukkan ke dalam sistem, baik melalui keyboard, mouse, atau perangkat lainnya, dengan tujuan untuk diproses atau disimpan.

2. William Stallings

Stallings mendefinisikan input data sebagai data atau instruksi yang dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui perangkat input, seperti keyboard, mouse, atau scanner.

3. Peter Norton

Norton menyatakan bahwa input data adalah segala bentuk sinyal atau informasi yang diberikan ke dalam sistem komputer untuk diolah dan diinterpretasikan oleh perangkat keras dan perangkat lunak.

4. Roger S. Pressman

Pressman mengartikan input data sebagai masukan atau informasi yang diberikan ke dalam sistem komputer untuk diolah dan diubah menjadi keluaran yang berguna.

5. Dennis & Wixom

Menurut Dennis & Wixom, input data adalah segala bentuk data atau informasi yang dimasukkan ke dalam sistem, baik melalui metode manual maupun otomatis.

Pengertian Input Data

Input data merujuk pada setiap informasi atau data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer untuk diolah. Proses input data melibatkan perangkat input seperti keyboard, mouse, atau perangkat lainnya, serta berperan sebagai langkah awal dalam siklus pemrosesan informasi.

10 Pengertian Menurut Ahli Terkemuka

1. George Coulouris

Coulouris menyatakan bahwa input data adalah masukan yang diberikan ke sistem untuk memperoleh keluaran yang diinginkan, dan dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk perangkat keras dan manusia.

2. Shelly, Cashman, & Serwatka

Menurut Shelly, Cashman, & Serwatka, input data mencakup semua metode untuk memasukkan data ke dalam sistem, termasuk input manual dan otomatis, seperti penggunaan barcode atau sensor.

3. William M. Newman

Newman mengemukakan bahwa input data adalah masukan yang diberikan ke komputer melalui berbagai perangkat, dan menjadi langkah awal dalam siklus pemrosesan informasi.

4. Andrew S. Tanenbaum

Tanenbaum menyatakan bahwa input data adalah setiap informasi yang dimasukkan ke dalam sistem, dan mencakup berbagai sumber seperti sensor, keyboard, dan perangkat lainnya.

5. Kenneth C. Laudon

Laudon mengartikan input data sebagai data atau instruksi yang dimasukkan ke dalam sistem komputer melalui perangkat input, dan menjadi kunci dalam pengumpulan informasi.

6. Efraim Turban

Turban memandang input data sebagai masukan yang berasal dari berbagai sumber, baik manusia maupun mesin, yang diperlukan untuk menggerakkan proses komputasi.

7. Raymond McLeod Jr.

Menurut McLeod, input data adalah informasi yang dimasukkan ke dalam sistem untuk diolah dan menghasilkan keluaran yang bermanfaat, memainkan peran penting dalam proses pengambilan keputusan.

8. Richard Fox

Fox mengartikan input data sebagai segala bentuk masukan yang dimasukkan ke dalam sistem, baik melalui interaksi manusia atau melalui perangkat keras otomatis.

9. Scott Tilley

Tilley menyatakan bahwa input data mencakup semua bentuk masukan yang diberikan ke sistem komputer, dan dapat berasal dari berbagai sumber seperti pengguna atau sensor.

10. Thomas Connolly

Connolly mengemukakan bahwa input data adalah informasi yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, baik secara manual maupun otomatis, untuk memulai proses pengolahan data.

4 Kelebihan Input Data

1. Akurasi

Input data melalui perangkat otomatis dapat meningkatkan akurasi data karena mengurangi risiko kesalahan manusia dalam penginputan.

2. Efisiensi

Proses input data secara otomatis dapat meningkatkan efisiensi waktu, memungkinkan sistem untuk mendapatkan informasi dengan cepat.

3. Konsistensi

Input data melalui perangkat otomatis dapat memberikan konsistensi data, menghindari variasi hasil yang mungkin terjadi dalam input manual.

4. Volume Data

Sistem dapat menangani volume data besar dengan lebih baik melalui input otomatis, mempercepat proses pengolahan.

4 Kekurangan Input Data

1. Kesalahan Sensor

Penggunaan sensor pada input otomatis dapat menghasilkan kesalahan jika sensor tidak berfungsi dengan baik atau terjadi perubahan lingkungan.

2. Keterbatasan Pemahaman

Input data manusia dapat terbatas oleh pemahaman pengguna terhadap informasi yang dimasukkan, mengakibatkan kesalahan interpretasi.

3. Ketergantungan pada Perangkat

Sistem input otomatis dapat menjadi rentan jika terjadi kerusakan pada perangkat input, menghambat proses pengumpulan data.

4. Keamanan Data

Proses input otomatis memerlukan perhatian khusus terhadap keamanan data, mengingat risiko potensial dari serangan atau manipulasi.

4 FAQ tentang Input Data

1. Apa Perbedaan antara Input Manual dan Otomatis?

Input manual melibatkan interaksi langsung manusia, sedangkan input otomatis melibatkan perangkat atau sensor untuk memasukkan data ke dalam sistem.

2. Mengapa Penting Memahami Konsep Input Data?

Pemahaman konsep input data penting untuk memastikan data yang dimasukkan ke dalam sistem akurat dan dapat diandalkan.

3. Bagaimana Cara Mencegah Kesalahan Input Data?

Mencegah kesalahan input data dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat otomatis yang dapat mengurangi keterlibatan manusia.

4. Apa Dampak Kesalahan Input Data pada Keputusan Bisnis?

Kesalahan input data dapat berdampak pada ketidakakuratan informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan bisnis, mengakibatkan keputusan yang kurang tepat.

Kesimpulan

Input data merupakan konsep krusial dalam dunia teknologi informasi. Dengan pemahaman mendalam terhadap pengertian input data menurut para ahli, kita dapat memastikan proses pengumpulan dan pengolahan data berjalan efisien, akurat, dan dapat diandalkan.