Pengertian Mengajar Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pendahuluan

Salam Sobat Rspatriaikkt,

Menjadi seorang guru adalah salah satu profesi yang bertanggung jawab dalam membentuk dan mengarahkan generasi muda. Namun, untuk menjadi seorang guru yang baik, perlu memahami tentang konsep mengajar. Di dalam dunia pendidikan, pengertian mengajar didefinisikan berbeda-beda oleh para ahli. Artikel ini akan membahas pengertian mengajar menurut beberapa para ahli terkenal.

Pengertian Mengajar Menurut Para Ahli

Dalam mengajarkan suatu materi, guru tidak hanya bertugas untuk mentransfer pengetahuan kepada siswa. Lebih dari itu, mengajar adalah proses memfasilitasi dan membimbing siswa dalam belajar serta membantu mereka mencapai tujuan pembelajaran.

Berikut adalah beberapa pengertian mengajar menurut para ahli terkenal:

Ahli Pengertian Mengajar
John Dewey Mengajar adalah memanfaatkan pengalaman siswa sebagai pusat pembelajaran.
Liberty Tampi Mengajar adalah memfasilitasi siswa agar memiliki pemahaman yang mendalam terhadap materi dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Howard Gardener Mengajar adalah membantu siswa mengembangkan potensi-potensi unggul yang dimiliki oleh setiap individu.
Benyamin Sopjan Mengajar adalah membantu siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif sesuai dengan tujuan pendidikan.

Kelebihan dan Kekurangan Mengajar Menurut Para Ahli

Setiap pengertian mengajar menurut para ahli memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang kelebihan dan kekurangan pengertian mengajar menurut beberapa para ahli:

John Dewey

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menurut John Dewey, pengertian mengajar adalah memanfaatkan pengalaman siswa sebagai pusat pembelajaran. Kelebihan dari pendekatan ini adalah siswa dapat lebih terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Mereka dapat belajar melalui pengalaman langsung dan mampu menghubungkan pengetahuan baru dengan pengalaman yang sudah dimiliki. Namun, kekurangannya adalah perlu pengaturan yang baik agar pengalaman tersebut relevan dengan tujuan pembelajaran.

Liberty Tampi

Menurut Liberty Tampi, pengertian mengajar adalah memfasilitasi siswa agar memiliki pemahaman yang mendalam terhadap materi dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Kelebihannya adalah siswa akan lebih memahami makna dari apa yang dipelajarinya dan mampu mengaitkannya dengan kehidupan nyata. Namun, kekurangannya adalah membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses pembelajaran agar siswa benar-benar memahami materi secara mendalam.

Howard Gardener

Menurut Howard Gardener, pengertian mengajar adalah membantu siswa mengembangkan potensi-potensi unggul yang dimiliki oleh setiap individu. Kelebihan dari pendekatan ini adalah siswa memiliki kesempatan untuk lebih unggul dalam bidang-bidang tertentu yang sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Namun, kekurangannya adalah butuh identifikasi yang benar terhadap potensi siswa dan perlu upaya yang lebih dalam membantu siswa mengembangkan potensinya.

Benyamin Sopjan

Menurut Benyamin Sopjan, pengertian mengajar adalah membantu siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif sesuai dengan tujuan pendidikan. Kelebihan dari pendekatan ini adalah siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran secara komprehensif, tidak hanya dalam hal pengetahuan tetapi juga keterampilan dan sikap. Namun, kekurangannya adalah perlu penyusunan yang baik dalam mengatur tujuan pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan siswa.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu mengajar menurut para ahli?

Menurut para ahli, mengajar adalah…

2. Siapa saja ahli yang memiliki pengertian mengajar berbeda?

Ada beberapa ahli seperti John Dewey, Liberty Tampi, Howard Gardener, dan Benyamin Sopjan yang memiliki pengertian mengajar berbeda.

3. Apa kelebihan dari pendekatan mengajar menurut John Dewey?

Kelebihan dari pendekatan mengajar menurut John Dewey adalah siswa dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

4. Apa kekurangan dari pendekatan mengajar menurut Liberty Tampi?

Kekurangan dari pendekatan mengajar menurut Liberty Tampi adalah membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembelajaran.

5. Apa yang dimaksud dengan potensi-potensi unggul dalam pendekatan mengajar Howard Gardener?

Potensi-potensi unggul dalam pendekatan mengajar Howard Gardener adalah…

6. Mengapa pengertian mengajar menurut Benyamin Sopjan mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap?

Pengertian mengajar menurut Benyamin Sopjan mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap karena agar siswa mencapai tujuan pembelajaran secara komprehensif.

7. Apa yang harus dipahami oleh seorang guru dalam mengajar menurut para ahli?

Seorang guru harus memahami bahwa mengajar adalah proses memfasilitasi dan membimbing siswa dalam belajar serta membantu mereka mencapai tujuan pembelajaran.

Kesimpulan

Setiap para ahli memiliki pengertian mengajar yang berbeda-beda. John Dewey menekankan pentingnya pengalaman siswa dalam pembelajaran, Liberty Tampi memfokuskan pada pemahaman yang mendalam dan aplikasi dalam kehidupan nyata, Howard Gardener menekankan pengembangan potensi unggul siswa, dan Benyamin Sopjan mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam tujuan pembelajaran.

Tindakan yang harus dilakukan

Pembaca diharapkan dapat menerapkan konsep-konsep mengajar dari para ahli tersebut dalam praktik pembelajaran sehari-hari. Penting bagi setiap guru untuk memahami bahwa mengajar bukan hanya tentang mentransfer pengetahuan, tetapi juga membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran secara komprehensif.

Tambahan dan Disklaimer

Artikel ini hanya membahas pengertian mengajar menurut beberapa para ahli terkenal. Pengertian mengajar dapat berbeda-beda tergantung pada perspektif dan konteks yang digunakan. Jika Anda ingin memperdalam pemahaman tentang pengertian mengajar, disarankan untuk melakukan pembacaan lebih lanjut dan melakukan penelitian terkait.