Pengertian PTK Menurut Para Ahli

Diposting pada

Kata-kata Pembuka

Salam Sobat Rspatriaikkt,

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang pengertian PTK menurut para ahli. Dalam dunia pendidikan, PTK atau Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu metode penelitian yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan dan memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas.

Dalam artikel ini kita akan menyelami lebih dalam pengertian PTK menurut para ahli terkemuka. Melalui penelitian dan studi yang mereka lakukan, para ahli pendidikan memberikan pandangan dan pendapat yang beragam mengenai konsep dan pentingnya PTK dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.

Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan ini, kita akan melihat definisi PTK menurut para ahli, sejarah perkembangan PTK, serta tujuan dari PTK dalam konteks pendidikan saat ini.

1. Pengertian PTK Menurut Dr. Thomas Guskey:

Menurut Dr. Thomas Guskey, PTK adalah suatu proses penelitian yang digunakan oleh guru untuk memperbaiki praktik pengajaran mereka melalui pengumpulan dan analisis data yang diperoleh dari intervensi yang mereka lakukan dalam kelas.

2. Pengertian PTK Menurut Dr. Kemmis dan McTaggart:

Mengutip Dr. Kemmis dan McTaggart, PTK adalah suatu siklus berkelanjutan yang melibatkan tindakan, observasi, refleksi, dan pembelajaran. Melalui PTK, guru dapat melakukan perubahan dan peningkatan dalam tindakan pengajaran mereka.

3. Pengertian PTK Menurut Prof. Dr. Sugiyanto:

Prof. Dr. Sugiyanto menyebut PTK sebagai suatu upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengkaji dan memecahkan masalah yang ada di dalam kelas. Melalui PTK, proses pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan bermakna bagi siswa.

4. Pengertian PTK Menurut Prof. Dr. John Elliott:

Prof. Dr. John Elliott memandang PTK sebagai suatu alat yang memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan praktik pengajaran yang berpusat pada kebutuhan dan kemampuan siswa. Dengan PTK, guru dapat memecahkan masalah yang dihadapi di dalam kelas.

5. Pengertian PTK Menurut Dr. Herbert Simon:

Dr. Herbert Simon melihat PTK sebagai sebuah proses dimana guru menghasilkan gagasan mengenai perubahan dalam praktik pengajaran mereka dan menguji gagasan tersebut dalam situasi nyata di kelas. Melalui PTK, guru dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran mereka.

6. Pengertian PTK Menurut Dr. Anne Burns:

Mengutip Dr. Anne Burns, PTK adalah suatu proses dimana guru melakukan penelitian mengenai praktik dan masalah pengajaran mereka untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran di kelas.

7. Pengertian PTK Menurut Prof. Dr. Haryono Suyono:

Prof. Dr. Haryono Suyono mendefinisikan PTK sebagai suatu metode dalam pembelajaran untuk mencari solusi atas masalah-masalah yang dihadapi oleh guru dalam mengajar.